Politik & Pemerintahan / Pemerintahan
25 Juni 2013
- Pemekaran Busel dan Buteng
La Ode Ida Bungkam Soal 7 Camat Tolak Pemekaran
 
Peliput: La Ode Adnan Irham. BAUBAU, BP - Wakil Ketua DPD RI, Dr La Ode Ida mengatakan terkait pemekaran Kabupaten Buton Selatan (Busel) dan Buton Tengah (Buteng) dirinya akan berbicara langsung dengan Bupati Buton membahas pemekaran dua dari empat rencana pemekaran DOB di Sultra itu. Namun dirinya enggan berkomentar soal 7 Camat di wilayah Busel yang menyatakan menolak pemekaran. Hal itu diungkapkannya ketika diwawancarai saat menghadiri sebuah acara di Kota Baubau, Minggu (23/6).

Kata dia, pembentukan Kabupaten Busel dan Buteng dari daerah induk yakni Kabupaten Buton akan kembali dibahas bersama DPR, Pemerintah dan DPD. Karena terkait hal itu juga dirinya sudah berdiskusi secara informal dengan Ketua Poksi Partai Demokrat Komisi II DPR RI, Gaffar Patappe, Selasa malam, (18/6). Dari hasil diskusi itu tambahnya akan ada upaya dan langkah kedepan terkait pemekaran tersebut.

"Artinya proses itu saya akan bicara langsung dengan pak Bupati dan pak Wakil Bupati, Ketua DPR juga," tuturnya.

Ditanya tujuh camat di wilayah Buton Selatan yang menolak pemekaran, orang yang juga akan bertarung di senayan (DPR RI) itu mengatakan tidak ingin mengomentari hal tersebut. Kata dia, hal itu hanya dibesar-besarkan Ketua Komisi II DPR, Agun Gunanjar saat rapat pembahasan Busel.

"Agung Gunanjar itu saya SMS ketika dia membesarkan hal-hal yang macam itu, sebagai pejabat itu, punya etika untuk tidak menciptakan suasana rusuh di masyarakat," tuturnya.

Selain itu, dirinya juga saat ini masih memperjuangkan dua DOB di Sultra selain Busel dan Buteng yakni Muna Barat dan Kota Raha. "Dari dulu saya berjuang untuk seperti itu sebetulnya, kita berjuang untuk bagaimana perjalanan pemekaran ini bisa lebih mulus," tutup La Ode Ida yang saat itu sangat terburu-buru.

Sebelumnya di salah satu media online nasional, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemdagri, Djohermansyah Djohan, Selasa (11/6) mengatakan pemekaran Busel dan Buteng terkendala karena saat Kabupaten Buton memekarkan Kota Baubau, Pemda Buton belum memberikan dana hibah kepada Kota Baubau hingga kini. (***)
 
Share |
 
Dibaca 265 kali
 
KOMENTAR BERITA
     
Nama :
Email :
komentar :
Kode Verifikas :
   
   

 

 
 
 
 
                                                                                                         Gemak Tepis Dugaan Korupsi Kades Wasampela     Dinas Pariwisata Inventarisasi Situs Budaya     IPK Tuding Rektor UMB Ciptakan Suasana Kampus Tidak Kondusif     Pemkot Kecolongan Pohon Pelindungnya Dirusak Orang Tak Dikenal     SPBU Pasarwajo Pakai CCTV      Alamat Redaksi, JL Yos Soedarso, Kota Baubau Sultra. Lantai II Umna Wolio Plaza. BERLANGGANAN/IKLAN .::. Tlp. 0402-282115 - HP - 0815 2480 5731 Kirim SMS (BERLANGGANAN (SPASI) NAMA (SPASI) ALAMAT JELAS.