Buton Raya / Buton
24 Oktober 2013
BMKG: Pusat Gempa Berada Didarat Pulau Siompu
 
Sejumlah warga sedang memperhatikan lubang yang timbul akibat gempa di pesisir Bandar Batauga, foto Jamil
GEMPA yang terjadi Senin 14 Oktober 2013 menggemparkan, dan menimbulkan dampak trauma bagi warga kabupaten Buton, khususnya warga Kecamatan Batauga. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kendari, pusat gempa 5.66 LS-122.53 BT berada di darat, Pulau Siompu, 23 KM BD Kota Baubau Suawesi Tenggara. Kedalaman gempa 10 KM, dengan kekuatan 4.6 SR.

Tidak hanya sekali, gempa yang menimbulkan keretakan bangunan, juga tanah tersebut ternyata masih disusul gempa berikutnya hingga Sabtu (19/10). Saat ini warga Buton mengalami dampak traumatis akibat gempa tersebut.

Ratusan rumah mengalami kerusakan, belasan rumah roboh, ribuan warga berlarian, anak kecil, pria, wanita dewasa, Lansia, Ibu hamil panik dalam suasana yang mencekam. Rendahnya pengetahuan warga, karena tidak adanya aplikasi terkait penanggulangan gempa.

Ketidaktahuan akan antisipasi gempa, serta tidak adanya pusat informasi gempa terdekat yang mudah diakses oleh warga menjadi catatan penting bagi pihak-pihak terkait dalam memberikan rasa nyaman, aman, dengan mental yang lebih siap dalam menghadapi fenomena baru dalam menjalani kehidupan di bumi penghasil aspal, dan hutan Lambusango sebagai paru-paru dunia ini. Gempa masih menjadi misteri bagi warga Buton dihari berikutnya.

Pemerintah Kabupaten Buton, Kodim 1413 Buton, instansi terkait, serta warga lainnya turun tangan melakukan pembenahan rumah warga yang porak poranda akibat gempa yang datang tak terdeteksi tersebut. Membenahi rumah warga memang lebih mudah bila dibandingkan dengan pemulihan kondisi mental ribuan jiwa warga Buton yang mengalami trauma, dibayangi rasa takut akan terjadinya gempa susulan, (Laporan: LM Irfan Mihzan).
 
Share |
 
Dibaca 253 kali
 
KOMENTAR BERITA
     
Nama :
Email :
komentar :
Kode Verifikas :
   
   

 

 
 
 
 
                                                                                                         Ratusan Siswa "Kepung" Mapolsek Kulisusu      Pemimpin Protestan Se-Asia Tenggara Ini Masuk Islam     Kasus Pembunuhan Deni Segera Tahap 2     Kadikmudora Tepis Isu Pemotongan Tunjangan Sertifikasi Guru     Dinas PPKAD Wakatobi Gelar Sosialisasi Sensus Barang Milik Daerah      Alamat Redaksi, JL Yos Soedarso, Kota Baubau Sultra. Lantai II Umna Wolio Plaza. BERLANGGANAN/IKLAN .::. Tlp. 0402-282115 - HP - 0815 2480 5731 Kirim SMS (BERLANGGANAN (SPASI) NAMA (SPASI) ALAMAT JELAS.