Buton Raya / Buton
22 Nopember 2012
2014, Umar Yakin PAD Kabupaten Buton Naik Rp 150 Milyar Pertahun
 
Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun ketika menghadiri rapat paripurna Pemerintah dan DPRD Kabupaten Buton di eks Kantor Bupati Buton di Baubau, La Ode Adnan Irham
BAUBAU, BP - Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun yakin pada 2014 mendatang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Buton akan naik menjadi Rp 150 Milyar pertahun. Hal itu diungkapkannya dalam rapat paripurna bersama DPRD Buton di Eks Kantor Bupati Buton di Baubau, Rabu (21/11).

Keyakinan itu berdasarkan rencana strategis jangka panjang Pemkab Buton untuk mengolah sumber daya alam yang ada di Kabupaten Buton diantaranya aspal. Kata Umar, selama ini aspal Kabupaten Buton dijual dengan harga jauh dibawah standar. Untuk didalam negeri harga aspal pertonnya Rp 3 juta, sementara di luar negeri aspal murni dijual seharga Rp 20 juta perton.

Namun yang menjadi kekhawatirannya yakni karena kebutuhan nasional akan aspal 2,2 juta ton pertahun, sementara nilai produksi yang akan direncanakan ini tidak sampai lima persen untuk memenuhi kebutuhan nasional. Sehingga dalam pemikiran Umar Samiun jangan sampai Pemerintah Pusat melarang Pemerintah Kabupaten Buton untuk mengespor aspal dengan alasan memenuhi kebutuhan nasional.

"Padahal harga ekspor itulah yang kita kejar untuk cepat melakukan pengembalian-pengembalian," ungkapnya.

Untuk itu lanjut Umar, Pemerintah akan membangun suatu Kawasan Indusrti Aspal (KIA) terpadu di Desa Lawele Kecamatan Kapontori. Ada dua pokok penunjang yakni otorita akan melibatkan dinas terkait yang akan mengambil imbas pembangunan pemurnian aspal tersebut. Serta Perusda yang secara teknis dana pinjaman ke PIP akan disuntikkan ke Perusda.

"Mudah-mudahan aspal sebagai sumber kekayaan yang dimiliki oleh pemerintah dan rakyat Kabupaten Buton tahun 2013 ini sudah booming, sehingga seluruh manfaat dan kemaslahatannya dapat dipakai untuk kepentingan masyarakat," harap Umar. (ADNAN)
 
Share |
 
Dibaca 705 kali
 
KOMENTAR BERITA
     
Nama :
Email :
komentar :
Kode Verifikas :
   
   

 

 
 
 
 
                                                                                                         Ratusan Siswa "Kepung" Mapolsek Kulisusu      Pemimpin Protestan Se-Asia Tenggara Ini Masuk Islam     Kasus Pembunuhan Deni Segera Tahap 2     Kadikmudora Tepis Isu Pemotongan Tunjangan Sertifikasi Guru     Dinas PPKAD Wakatobi Gelar Sosialisasi Sensus Barang Milik Daerah      Alamat Redaksi, JL Yos Soedarso, Kota Baubau Sultra. Lantai II Umna Wolio Plaza. BERLANGGANAN/IKLAN .::. Tlp. 0402-282115 - HP - 0815 2480 5731 Kirim SMS (BERLANGGANAN (SPASI) NAMA (SPASI) ALAMAT JELAS.